Selamat Datang

Semoga blog ini menjadi wadah sharing & kreatifitas siswa/siswi SMK Negeri 1 Banjar dan untuk yang ingin blognya ditampilkan, kirimkan Nama, Kelas dan Alamat Blog ke Email : indra.smkn1banjar@gmail.com/ 6562752654200023

SMK Nesaba

Friday 18 November 2011

Mengembangkan Disiplin Siswa



Mendisiplinkan Siswa dengan Penuh Kasih Sayang

Disiplin dalam belajar perlu dimiliki oleh peserta didik, sebagaimana kita tahu dalam proses pembelajaran di kelas seorang guru dihadapkan oleh sejumlah siswa yang memiliki latar belakang yang beragam, sikap dan potensi diri peserta didik, yang semuanya itu akan berpengaruh dalam keberhasilan tujuan pembelajaran, dan perilaku peserta di lingkungan sekolah.
Tidak jarang dijumpai perilaku dan kebiasaan peserta didik menghambat dan tidak menunjang proses pembelajaran. Misalny, sering kita jumpai siswa yang malas, sering absen, motivasi yang kurang dalam belajar, tidak mengerjakan PR, melanggar tata tertib sekolah, dan lain-lain. Hal tersebut menunjukkan masih banyak siswa yang tidak disiplin.
Dengan kondisi demikian, guru dituntut untuk dapat mengembangkan sikap disiplin siswa dalam belajar dan berperilaku di sekolah. Mendisiplinkan siswa harus dilakukan dengan cara-cara yang dapat diterima oleh jiwa dan perasaan siswa, yaitu dengan bentuk penerapan kasih sayang. Disiplin dengan cara kasih sayang ini dapat membantu siswa agar mereka dapat berdidi sendiri atau mandiri (help for self help)

Mengapa Disiplin Penting dalam Proses Pembelajaran?


Saat ini perilaku dan kebiasan yang buruk/negatif dari siswa cenderung mengarah kepada suatu tindakan kriminalitas suatu tindakan yang melawan hukum. Kenakalan remaja dapat dikatkan dalam kewajaran apabila dilakukan dalam kerangan mencari identitas diri/jati diri dan tidak merugikan orang lain. Peranan guru dalam menanam disiplin, yaitu mengarahkan dan berbuat baik, menjadi teladan/contoh, sabar dan penuh pengertian. Guru diharuskan mampu mendisiplinkan siswa dengan kasih sayang, khususnya disiplin diri (self discipline). Dalam usaha tersebut, guru perlu memperhatikan dan melakukan :
a. membantu siswa mengembangkan pola perilaku untuk dirinya,
misalnya kapan belajar di rumah dimulai, berapa jam sehari siswa
harus membaca atau mengerjakan PR
b. membantu siswa meningkatkan standar perilakunya, misalnya setiap
bertemu dengan teman berlatih mengucapkan salam, bertemu
dengan guru memberi salam dan berjabat tangan
c. menggunakan pelaksanaan aturan sekolah sebagai alat dan cara
untuk meneggakan disiplin, misalnya menerapkan reward and
punishman secara adil, sesegera mungkin dan transparan

Sumber : http://nazwadzulfa.wordpress.com
Sumber Gambar : http://fadhilahmpa.blogspot.com
Oleh : siswandi adinugroho

No comments:

Post a Comment