Kemajuan dunia Computer Graphic khususnya 3D Animasi
telah berkembang dengan sangat pesat saat ini. Telah banyak
kemudahan-kemudahan dan features-features baru yang dikeluarkan oleh
pihak vendor dalam upaya untuk semakin memikat konsumen/user dengan
product mereka. Ini tentunya menjadi nilai tambah bagi para
konsumen/user dalam mengeksplorasi ide kreatifitas dalam berkarya.
Beberapa keunggulan dan features yang bisa kita peroleh dari sofware 3ds max ini adalah :
Keunggulan dan Feature ke 1
Feature untuk membuat model
organic dan unorganic. Model organic dapat berupa karakter model
makhluk hidup nyata seperti manusia, hewan. Dan model makhluk hidup yang
tidak nyata (khayalan) seperti monster, peri, dan lain-lain. Model
unorganic dapat berupa model objek-objek benda mati seperti mesin,
bangunan, mobil, sepeda motor, furniture, dan lain-lain.
Pada 3ds max feature yang digunakan untuk membuat model
organic umumnya dengan menggunakan teknik Polygonal modeling dan NURBS
modeling. Teknik Polygonal modeling adalah teknik membuat model dengan
memakai objek-objek geometry dasar yang kemudian dikembangkan menjadi
objek model yang lebih kompleks. Umumnya memakai bentuk objek geometry
box (kotak) yang kemudian dihaluskan lagi permukaannya (smooth).
Sedangkan teknik NURBS modeling adalah teknik membuat model dengan
memakai garis-garis yang dibuat seperti rangka objek yang diinginkan
kemudian diberi surface (bentuk permukaan).
Model unorganic umumnya dibuat dengan menggunakan teknik Compound
modeling dan Spline modeling (dapat juga dengan menggunakan teknik
Polygonal Modeling). Teknik Compound modeling adalah teknik membuat model
dengan mengkombinasikan (menggabungkan, memotong atau mengambil
perpotongan) antar bentuk objek-objek geometry. Sedangkan teknik Spline
modeling adalah teknik membuat model dengan membuat bentuk objek 2d-nya
terlebih dahulu yang kemudian “ditransfer” menjadi bentuk 3d dengan
memberikan ketebalan pada objek 2d tersebut.
Keunggulan dan Feature ke 2
Feature untuk memberikan rangka pada objek karakter 3d yang telah kita
buat, sehingga karakter 3d tersebut dapat bergerak seperti layaknya
manusia. Ada 2 teknik yang dapat dilakukan, yaitu dengan teknik Bone dan
teknik Biped. Teknik Bone adalah dengan membuat tulang secara satu
persatu yang kemudian dilink-kan antar masing-masing tulang yang saling
berhubungan, misalnya tulang tangan dihubungkan ke tulang bahu.
Sedangkan teknik Biped memungkinkan kita untuk membuat tulang yang telah
terintegrasi menjadi satu kesatuan rangka yang utuh. Sehingga kita
tidak perlu lagi me-link-kan tulang secara satu-persatu.
Keunggulan dan Feature ke 3
Feature membuat texture real dan texture cartoon (kartun). Objek 3d yang
dibuat dapat diberikan texture yang realistic sehingga terlihat seperti
nyata, atau berupa texture cartoon. Texture real adalah memberikan
texture yang sebenarnya sesuai dengan sifat dan karakteristik permukaan
suatu objek atau benda, sehingga akan diperoleh hasil yang tampak asli
dan nyata. Feature yang digunakan dengan menggunakan material standard.
Sedangkan texture cartoon adalah memberikan texture seperti kartun, yang
warnanya cerah dan terang. Feature yang digunakan adalah material
Ink’npaint
Keunggulan dan Feature ke 4
Feature membuat efek-efek api, asap (fire effect), kabut (fog), pendar
cahaya (volume light), dan lain-lain. Efek-efek ini dapat diterapkan
dengan memakai feature effect dan environment effect
Keunggulan dan Feature ke 5
Feature membuat efek-efek yang terjadi bila mata/kamera melihat objek
bergerak, misalnya efek motion blur dan depth of field (dof). Efek
motion blur adalah efek bagaimana mata kita atau mata/lensa kamera
menangkap gambar objek yang bergerak yang memperliatkan bias (blur)
pergerakannya. Depth of field (dof) adalah efek bagaimana bila mata kita
atau mata/lensa kamera focus melihat satu objek, maka objek-objek
disekitarnya pasti akan menjadi tidak focus (blur). Pemberian efek-efek
ini tentu akan memberikan kesan yang semakin tampak realistic
Keunggulan dan Feature ke 6
Feature untuk membuat efek-efek sinar, cahaya. Efek-efek tersebut dapat
berupa cahaya matahari, sunset, dan lain-lain, yang tentunya akan
semakin memperkaya dan mempercantik design 3d yang kita buat. Untuk
membuatnya kita dapat memakai feature effect yang terdapat pada software
3ds max
Keunggulan dan Feature ke 7
Feature untuk membuat objek-objek bulu, rumput, rambut, dan lain-lain.
Objek-objek ini memerlukan feature aplikasi khusus yaitu feature Hair
& Fur. Dengan adanya opsi ini kita akan mudah untuk membuat beragam
jenis dan style rambut, bulu ataupun rumput
Keunggulan dan Feature ke 8
Feature untuk membuat objek kain atau baju. Features yang digunakan
adalah Cloth Simulation. Dengan feature ini kita dapat membuat kain atau
baju dengan lebih natural dan realistic, menyerupai dengan sifat
baju/kain seperti dalam kondisi real/nyata
Keunggulan dan Feature ke 9
Feature untuk membuat objek-objek liquid/cairan. Aplikasinya banyak
ditujukan untuk membuat environment, seperti environment (panorama) di
sungai, laut, kolam, dan lain-lain. Sama halnya seperti pembuatan objek
bulu, objek liquid memerlukan tingkat kekompleksan yang sangat khusus,
karena oject ini sangat berat “dibaca” oleh komputer, apalagi bila
tingkat akurasi liquid-nya tinggi. Feature yang dipergunakan adalah Meta
Particle dan BlobMesh
Keunggulan dan Feature ke 10
Feature untuk membuat cahaya yang realistic. Cahaya yang tampak
realistic adalah cahaya yang memantul dan menyebar kesegala arah, sesuai
dengan arah pantulan objeknya. Feature yang dipakai adalah Global
Illumination dengan beragam teknik, seperti Light Tracer, Radiosity atau
MentalRay
Keunggulan dan Feature ke 11
Feature untuk membuat Animasi
dynamics. Banyak diaplikasikan untuk membuat animasi objek-objek yang
saling bertubrukan/tabrakan, berbenturan, pecah, dan lain-lain. Tidak
hanya dapat diterapkan untuk benda-benda (objek) solid/keras (rigid),
tetai dapat juga diterapkan untuk benda-benda lunak (soft), kain
(cloth), tali (rope), dan lainnya
Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat...
Sumber : ilmugrafis.com
Author & Copyright: Aditya, ST |
Selamat mencoba.
Tutorial ini diarsipkan di ilmugrafis pada kategori 3DS Max
Semoga bermanfaat. Salam.
No comments:
Post a Comment