Selamat Datang

Semoga blog ini menjadi wadah sharing & kreatifitas siswa/siswi SMK Negeri 1 Banjar dan untuk yang ingin blognya ditampilkan, kirimkan Nama, Kelas dan Alamat Blog ke Email : indra.smkn1banjar@gmail.com/ 6562752654200023

SMK Nesaba

Wednesday 16 May 2012

Tips Merawat Laptop / Notebook



1Hal ini penting untuk menjaga laptop Anda agar tetap dalam kondisi yang baik, pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati. Ada beberapa hal mudah yang dapat Anda lakukan untuk menjaga laptop Anda dalam kondisi sangat baik; mengikuti langkah-langkah mudah akan membantu untuk memastikan hal itu berlangsung lama dan akan membutuhkan perawatan yang kurang. Sebagai bonus tambahan, banyak langkah juga akan mempertahankan kecepatan laptop Anda.

Tips Merawat Laptop Agar Tetap Dalam Kondisi Baik

  1. Jauhkan cairan dari laptop Anda. Hindari menempatkan minuman dekat laptop anda, karena mungkin  minum kopi, soda, air atau cairan lain di dekat laptop Anda bisa mengakibatkan kecelakaan. Cairan dapat tumpah merusak komponen internal atau menyebabkan cedera listrik ke laptop. Sirkuit pendek dapat merusak data atau bahkan permanen merusak bagian. Solusinya sangat sederhana: Jauhkan minuman Anda dari komputer Anda. Bahkan jika Anda berhati-hati, orang lain mungkin bertemu meja Anda atau Anda. Atau Anda bisa menggunakan gelas dengan penutup di atasnya, sehingga bahkan jika tidak tumpah, cairan tidak pergi ke mana saja!
  2. Miliki perangkat lunak antivirus yang akan membantu. Bahkan jika Anda tahu apa yang Anda download, mungkin mengandung virus yang dapat menyebabkan kesalahan sirkuit di hardware di sistem anda atau kelambatan dalam perangkat lunak.
  3. Menyimpan makanan jauh dari laptop Anda. Jangan makan di atas laptop Anda. Remah-remah bisa turun antara tombol di keyboard dan memberikan undangan untuk bug kecil. Remah-remah juga bisa mengganggu sirkuit. Lebih buruk lagi, itu membuat laptop tampak kotor jika ada remah-remah dan noda makanan di atasnya.
  4. Selalu memiliki tangan yang bersih ketika menggunakan laptop Anda. Bersihkan tangan membuatnya lebih mudah untuk menggunakan touchpad laptop Anda dan akan ada lebih sedikit risiko meninggalkan kotoran dan noda lainnya pada komputer. Selain itu, jika Anda membersihkan tangan Anda sebelum digunakan, Anda akan membantu mengurangi keausan pada lapisan dari laptop yang disebabkan oleh kontak dengan keringat dan partikel kecil yang dapat bertindak berdasarkan eksterior laptop di bawah pergelangan tangan dan jari.
  5. Lindungi layar monitor LCD. Ketika Anda menutup laptop Anda, pastikan tidak ada benda-benda kecil, seperti pensil atau kecil telinga-telepon, pada keyboard. Ini dapat merusak tampilan layar ketika tertutup, layar awal akan jika item tersebut kasar. Tutup penutup lembut dan induk dari tengah. Menutup tutup hanya menggunakan satu sisi yang menyebabkan tekanan pada engsel, dan dari waktu ke waktu dapat menyebabkan itu untuk membungkuk dan snap.
  6. Tahan dan angkat bagian dasar laptop ketika akan dipindahkan, bukan tampilan LCD-nya (layar). Jika Anda angkat oleh bagian layar saja, Anda dapat merusak tampilan atau engsel memasangnya ke pangkalan. Layar juga mudah tergores atau rusak oleh tekanan langsung - menghindari tekanan menempatkan di atasnya.
  7. Jangan tarik kabel listrik charger secara paksa. Menarik kabel listrik Anda keluar dari stopkontak lebih baik menempatkan tangan Anda langsung pada steker ke stopkontak dan menarik bisa memutuskan steker atau merusak soket listrik. Juga, jika Anda memiliki soket arus  dekat dudukan laptop anda, hindari terus membentur steker, atau Anda bisa melonggarkan itu dan kemudian mematahkannya.
  8. Jangan menggulung kursi Anda melalui kabel komputer. Stick kabel ke meja Anda dengan pita atau kabel dasi komputer khusus yang dapat dengan mudah dibatalkan ketika anda telah selesai menggunakan laptop. Selalu mencoba untuk menyimpan sebagian besar kabel jauh dari lantai atau kaki Anda, kadang-kadang Anda bisa begitu asyik dengan apa yang Anda lakukan yang Anda memindahkan kaki dan lupa kabel ada di sana.
  9. Hubungkan perangkat aksesori ke dalam slot yang tepat. Selalu melihat simbol pada laptop seksama sebelum memasukkan perangkat. Jamming saluran telepon ke dalam port Ethernet atau sebaliknya dapat merusak soket, sehingga mustahil untuk menggunakannya lagi. Hal ini sangat penting untuk mengamati langkah ini.
  10. Menangani removable drive dengan hati-hati. Floppy drive CD atau drive yang telah dihapus dari laptop Anda dapat dengan mudah mendapatkan hancur, terjatuh atau ditekan jika Anda ceroboh. Menempatkan mereka langsung masuk ke kantong atau kotak penyimpanan / kasus untuk menjaga aman jika Anda tidak menempatkan mereka kembali ke laptop.
  11. Masukkan drive ke dalam slot dengan hati-hati dan pada sudut yang benar. Mendorong drive yang salah ke dalam soket, atau pada sudut, atau bahkan posisi terbalik bisamerusaknya
  12. Periksa untuk melihat apakah label ditempelkan aman sebelum memasukkan media ke dalam komputer laptop. Media seperti CD, DVD atau floppy disk tidak seharusnya memiliki bagian label longgar yang mungkin macet di dalam drive laptop. CD berukuran Jangan masukkan, karena ini dapat merusak disk player permanen.
  13. Jangan mengekspos laptop Anda untuk fluktuasi suhu yang cepat. Ketika membawa laptop Anda di dalam ruangan selama musim dingin, jangan hidupkan segera. Sebaliknya, biarkan beberapa menit agar laptop hangat untuk suhu pertama. Ini akan menghindari potensi apapun untuk kerusakan pada disk drive dari kondensasi membentuk di dalam mesin.
  14. Jangan meninggalkan laptop Anda di dalam mobil. Tidak hanya bagian dalam mobil mengalami perubahan suhu yang besar yang dapat merusak laptop, tetapi laptop (atau tas laptop) adalah target yang mengundang pencuri.
  15. Bersihkan setahun sekali untuk menghilangkan debu internal. Dapatkan ini dilakukan oleh komputer profesional. Jika debu menumpuk, sistem tidak dapat mendinginkan diri dengan benar. Panas dapat merusak motherboard.
  16. Gunakan Casing / Tas pembungkus laptop yang sesuai. Apa pun yang Anda gunakan untuk membawa laptop Anda di dalam, baik itu case, tas atau sesuatu yang Anda telah buat sendiri, pastikan bahwa hal itu cukup besar untuk memuat laptop. Ini akan menghindari goresan, atau bahkan berpotensi laptop akan jatuh.Sebuah tas sangat mengurangi risiko kerusakan.
  17. Gunakan dan simpan di area yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Bila Anda menggunakan laptop Anda, gunakan di tempat yang memiliki sirkulasi udara konstan. Banyak orang merusak laptop mereka dengan menggunakannya di daerah tertutup dan dengan demikian membuat panas laptop.
  18. Gunakan sikat gigi tua untuk membersihkan daerah sekitar exhaust fan screen. Jika aliran udara terganggu maka akan menyebabkan motherboard laptop cepat panas, jika dibersihkan aliran udara panas bisa berkurang danmengurangi resiko tersebut
  19. Simpan dan gunakan laptop pada permukaan yang datar. Hal ini untuk mencegah kerusakan pada laptop. Langkah ini bisa sulit, terutama jika Anda akan keluar dengan laptop Anda, tetapi jika ada permukaan datar yang tersedia untuktempatkanlah laptop anda disitu
  20. Jangan gunakan laptop Anda di tempat tidur (kasur). Jika menggunakan berkali-kali laptop di atas tempat tidur akan menyebabkan kipas laptop dapat menyedot debu dan kotoran yang lebih banyak yang terletak di tempat tidur, akhirnya  dapat menghalangi / menyumbat kipas angin.
  21. Bersihkan Layar LCD, Keyboard secara teratur
  22. Jaga Kondisi Batreai Laptop Tetap dalam Kondisi Dingin. Baterai lithium masa kini cepat aus dan tidak peduli apa yang Anda lakukan, tetapi Anda dapat menunda dan menghindarinya. Hindari panas dan menggunakan baterai sesedikit mungkin.Gunakan charger laptop dan lepas batrai jika ingin menggunakan laptop dalam jangka waktu yang lama
  23. Jangan gunakan laptop terlalu lama. Ingat jangan smakan laptop anda dengan Komputer PC, karena komponen pada laptop sangat sensitif terhadap panas yang bisa menyebabkan kompone-komponen internal laptop cepat mudah rusak
 
referensi: wikihow.com,eHow.com

No comments:

Post a Comment