Bidang Studi Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Studi Keahlian : Teknologi Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Multimedia
Lama Pendidikan : 3 Tahun
A. DASAR KOMPETENSI KEJURUAN
STANDART KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Merakit personal komputer
|
1. Merencanakan kebutuhan dan
spesifikasi
2. Melakukan instalasi komponen PC
3. Melakukan keselamatan kerja dalam
merakit komputer
4. Mengatur komponen PC menggunakan software
(melalui bios dan aktifasi komponen sistem operasi)
5. Menyambung periferal menggunakan
software
6. Memeriksa hasil perakitan PC dan
pemasangan periferal
|
2. Melakukan instalasi sistem operasi dasar
|
1. Menjelaskan langkah instalasi sistem
operasi
2. Melaksanakan instalasi software
sesuai installation manual
3. Mengecek hasil instalasi menggunakan
software( sampling)
4. Melakukan troubleshooting
|
3. Menerapkan kesela matan, kesehatan
kerja dan lingku ngan hidup (K3LH)
|
1. Mendeskripsikan K3
2. Melaksanakan prosedur K3
3. Menerapkan konsep lingkungan hidup
4. Menerapkan ketentuan pertolongan
pertama pada kecelakaan
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami etimologi multimedia
|
1. Mendeskripsikan tentang multimedia
2. Menjelaskan multimedia contct
production
3. Menjelaskan multimedia communication
|
2. Memahami alir proses produksi produk
multimedia
|
1. Menjelaskan proses pre production
multimedia
2. Menjelaskan proses production
multimedia
3. Menjelaskan proses post production
multimedia
|
3. Merawat peralatan multimedia
|
1. Menjelaskan langkah-langkah perawatan
multimedia
2. Melakukan perawatan peralatan
multimedia
3. Membuat kartu perawatan peralatan
multimedia
|
4. Mengelola isi halaman web
|
1. Memeriksa informasi untuk relevansi
dan currency
2. Memeriksa links dan navigasi
3. Mengedit informasi sesuai kebutuhan
|
5. Menerapkan teknik pengambilan gambar
produksi
|
1. Menjelaskan prosedur pengoperasian
kamera video
2. Mengoperasikan kamera video
3. Mengisi dan merawat battery selama
pengambilan gambar
4. Mengoperasikan kamera
5. Menata kabel-kabel kamera
6. Mengoperasikan clapper board
|
6. Menerapkan prinsip-prinsip seni
grafis dalam desain komunikasi visual untuk multimedia
|
1. Menjelaskan estetika dan etika seni
grafis
2. Membuat sketsa
3. Menggambar perspektif
4. Menggambar objek
5. Menggambar ilustrasi
|
7. Menguasai cara menggambar kunci
untuk animasi
|
1. Menjelaskan syarat animasi
2. Membuat gambar kunci
3. Mengatur dan melengkapi gambar kunci
|
8. Menguasai cara menggambar clean-up dan sisip
|
1. Mendeskripsikan gambar yang asli
2. Membuat gambar-gambar asli
3. Mendeskripsikan gambar tiga dimensi
4. Membuat gambar tiga dimensi
|
9. Menguasai dasar animasi stop-motion (bidang datar)
|
1.
Mendeskripsikan
syarat-syarat animasi
2.
Membuat
model warna dan tempat warna
|
10. Menggabungkan teks ke dalam
sajian multimedia
|
1. Menggunakan
software teks multimedia
2. Mendesian
teks multimedia
|
11. Menggabungkan gambar 2D ke dalam
sajian multimedia
|
1. Mengedit gambar digital
2. Menggunakan software grafik
multimedia
3. Menciptakan desain grafik multimedia
2D
4. Menampilkan karya seni digital 2D
|
12. Menggabungkan fotografi digital
ke dalam sajian multimedia
|
1. Menggunakan kamera digital
2. Menggabungkan foto digital ke dalam
rangkaian multimedia
3. Menciptakan susunan karya seni foto
digital dan grafik 2D
|
13. Menggabungkan audio ke dalam
sajian multimedia
|
1. Menjabarkan format audio digital
2. Menggunakan software audio digital
3. Merancang audio digital
4. Membangun track audio digital
|
14. Membuat storyboard aplikasi
multimedia
|
1. Mengidentifikasi kebutuhan
2. Merencanakan alur isi storyboard
3. Mendeskripsikan proses pelaksanaan
dalam storyboard
|
15. Memahami cara penggunaan
peralatan tata cahaya
|
1. Menjelaskan dasar tata cahaya
2. Menjelaskan efek cahaya
3. Menyiapkan operasi lighting
|
16. Menerapkan efek khusus pada objek
produksi
|
1. Mengidentifikasi materi penunjang
efek khusus
2. Menginstalisasi software efek khusus
3. Membuat
efek khusus pada objek
|
17. Menyusun proposal penawaran
|
1. Menganalisa
syarat-syarat proyek
2. Mengidentifikasi
ketrampilan yang sesuai dengan persyaratan laporan
3. Membuat
rancangan biaya-biaya dan sumber-sumber yang ada
4. Membuat
proposal
5. Membuat
pengajuan permohonan tender
|
|
| |
Nilai Pendidikan Karakter tiap Komptensi Dasar ;
Jujur
§Kreatif
§
Rasa ingin tahu
§
Menghargai prestasi
§
Inovasi
§
Tanggung jawab
§
Komunikatif
§
Gemar Membaca
No comments:
Post a Comment