Selamat Datang

Semoga blog ini menjadi wadah sharing & kreatifitas siswa/siswi SMK Negeri 1 Banjar dan untuk yang ingin blognya ditampilkan, kirimkan Nama, Kelas dan Alamat Blog ke Email : indra.smkn1banjar@gmail.com/ 6562752654200023

SMK Nesaba

Wednesday 10 October 2012

Flash : Membuat Movie Clip

Sebenarnya apakah MovieClip itu ?
sambil menekan shiftDi dalam flash ada 3 jenis simbol yang sering digunakan, yaitu Button, Graphic dan MovieClip.
MovieClip merupakan suatu wadah untuk menaruh suatu objek. Anggap saja Mangkok, suatu mangkok bisa diisi mie, nasi dan lainnya, selain itu di dalam mangkok juga bisa diletakkan mangkok yang kecil, tentu saja ukurannya pasti lebih kecil daripada mangkok luarnya.
Sama halnya movieclip, di dalam movieclip juga bisa ditaruh 1 bahkan seribu gambar ataupun video. Satu movieclip juga bisa berisi sebuah movieclip lain. Pastinya jika movieclip di bagian dalam membesar, otomatis movieclip bagian luar juga membesar.

Di flash penulisan movieclip biasanya ditulis dengan akhiran “_mc”, hal ini bukan sesuatu yang harus, namun jika kita menggunakan flash IDE (Macromedia Flash 8 atau CS3/4) ketika kita melakukan pemrograman akan lebih mudah jika menggunakan akhiran _mc.
Sebelum kita bermain-main dengan pembuatan game, alangkah baiknya kita mengenal cara membuat movieclip.
Langsung aja deh ^_^
  • Seperti biasa, jika kita belum membuat dokumen, buat sebuah dokumen baru.
  • Buat sebuah shape/gambar yang ingin dijadikan MovieClip, misal sebuah bulatan.
  • Kemudian seleksi / blok gambar yang ingin dijadikan MovieClip, jika shape-nya banyak, maka kita seleksi dengan menekan tombol SHIFT. Jika ingin menseleksi beserta garisnya lakukan dobel klik pada shape tersebut.

    sambil menekan shift, klik pada shape yang diinginkan
  • Setelah itu kita klik kanan pada shape yang dipilih. Kemudian pilih Convert To Symbol. Jika dengan cara cepat, cukup menekan F8.
    klik kanan > convert to symbol
    klik kanan > convert to symbol
  • Jika sudah, kemudian pilih MovieClip jika ingin menggunakan sebagai MovieClip, jika ingin menggunakannya sebagai Button, maka kita memilih Button.
    convert to symbol dialog
    convert to symbol dialog
  • Untuk menampilkan agar lebih detail, Silakan klik Tombol Advance agar bisa menjadi seperti di atas. Jika kita mencentang Export for ActionScript, maka kita bisa memasukkan Identifier yang nantinya akan dikenali oleh ActionScript.
    export for actionscript
    export for actionscript
  • Finish
Sumber : http://flashindonesia.com

No comments:

Post a Comment