Berikut ini yang akan kita buat. (Jika loading tidak tampil, maka refresh halaman ini)
Baik, kita akan mulai membuat preloader.
Langkah 1 : Desain Frame
Pertama-tama, kita buat 2 buah keyframe pada timeline, masing-masing beri label dengan teks Preloader dan Main. Untuk membuat Keyframe baru, cukup klik kanan dan pilih Insert Keyframe. Untuk memberikan label, cukup klik pada frame, kemudian munculkan panel Properties, kemudian ketikkan nama labelnya.Langkah 2 : Desain Preloader
Sekarang, kita klik pada frame 1, kemudian kita gambar sebuah kotak dan jadikan movieclip dengan titik registrasi/registration point berada di sebelah kiri. Cara untuk menjadikan movieclip cukup mudah, yaitu pastikan kotak masih dalam keadaan terseleksi, kemudian klik kanan dan pilih Convert to Symbol dan pilih Movieclip.Kemudian klik pada movieclip yang telah dibuat, sekarang kita memberikan instance namenya. Caranya : pastikan movieclip masih dalam keadaan terseleksi, kemudian tekan Ctrl + F3 untuk menampilkan panel Properties.
Langkah 3 : Memberi Konten
Agar loading terlihat, maka, setidaknya ukuran file harus besar. Tapi kalo kita sudah mem-publish game kita, yaa lebih baik ukurannya kecil. File harus besar di sini maksudnya hanya sebagai tes saja untuk melihat progress ketika men-download. Cara untuk memberikan konten adalah mengimport gambar berukuran besar ke frame 10.Langkah 4 : Scripting…
Langkah terakhir adalah langkah terpenting Ketikkan actionscript berikut pada frame 1 :01 | stop(); |
02 | //memberikan event saat selesai loading |
03 | this .loaderInfo.addEventListener(Event.COMPLETE, selesaiLoading); |
04 | //memberikan event saat sesudah loading |
05 | this .loaderInfo.addEventListener(ProgressEvent.PROGRESS, sedangLoading); |
06 | function sedangLoading(e:ProgressEvent): void { |
07 | //persentase yang sudah diload (nilai prosentase yaitu 0 s/d 1) |
08 | var prosentase:Number = (e.bytesLoaded / e.bytesTotal ); |
09 | //mengubah ukuran dari preloader tergantung pada persentase |
10 | preloader_mc.scaleX = prosentase; |
11 | } |
12 | function selesaiLoading(e:Event): void { |
13 | //setelah selesai, pergi ke frame Main |
14 | gotoAndStop( "Main" ); |
15 | } |
Centang Bandwidth profiler untuk menunjukkan ukuran dari tiap2 frame.
Centang Streaming Graph untuk menampilkan grafik streaming.
Pilih Download Settings untuk memilih kecepatan koneksi internet yang disimulasikan.
Dan tekan Ctrl + Enter kembali
Sumber : flashindonesia.com
No comments:
Post a Comment