Selamat Datang

Semoga blog ini menjadi wadah sharing & kreatifitas siswa/siswi SMK Negeri 1 Banjar dan untuk yang ingin blognya ditampilkan, kirimkan Nama, Kelas dan Alamat Blog ke Email : indra.smkn1banjar@gmail.com/ 6562752654200023

SMK Nesaba

Friday, 16 November 2012

Premiere : Menambah Logo pada Sisi Atas Video


Tentu Anda pernah melihat logo stasiun TV seperti RCTI, SCTV, TPI dan lainnya saat Anda menonton acara dalam stasiun TV. Pernahkah Anda berfikir, bagaimana cara membuatnya? Pada kesempatan kali saya akan memberitahu bagaimana caranya membuat logo tersebut dan menampilkannya pada sebuah video. Dalam membuat logo, kita membutuhkan software pengolah gambar  seperti Adobe Photoshop. Sedangkan untuk menampilkannya kita membutuhkan software untuk editing video. Kali ini, saya memilih menggunakan Adobe Premiere CS 4 untuk editing videonya dan Adobe Photoshop CS 3 untuk membuat logo -nya.
1. Buka Adobe Premiere CS 4 lalu Pilih New Project
2. Lalu pada Menu General  atur sesuai gambar dibawah
ini…
3. Setelah teratur seperti gambar diatas, lalu klik OK… maka akan tampak gambar seperti dibawah ini… Kemudian pada sequence presets  pilih standard 32KHz.
4. Kemudian jangan  terburu-buru klik OK,  kita beralih dulu ke menu General dan  atur sesuai gambar dibawah ini, Setelah selesai klik OK
5. Maka akan masuk ke halaman Adobe Premiere CS 4, Kemudian anda klik File-Import..
6. Lalu Pilih video, pada artikel ini saya mengambil sample video transformer,  lalu klik Open..
7. Setelah  itu, maka otomatis video akan terletak pada Menu Project, setelah itu  drag Video Transfomer Ke Time line pada video 1,  Sepeti gambar dibawah ini..
8. Berikutnya buka program Adobe Photoshop CS 3, lalu klik File-New..
9. Setelah itu  atur seperti gambar dibawah ini dan Perlu Anda ketahui, ukuran besarnya gambar disesuaikan dengan ukuran video. lalu  klik OK.
Maka akan tampak seperti gambar dibawah ini…
10. Setelah itu klik File-Open dan pilih gambar yang akan dijadikan Logo TV, disini saya memakai  gambar logo SMK N 4 Semarang dan logo Multimedia, lalu klik open..
11. Setelah keluar tampilan gambar logo SMKN 4, kita hapus background putih disekitar logo dengan cara pilih Magic Eraser  tool pada windows tools..
12. Setelah  terhapus, Pilih Move tool dan drag ke file transparent yang telah kiat buat tadi..
13. Setelah itu  tekan Ctrl + T pada keyboard maka  akan muncul garis persegi seperti  gambar dibawah ini, kemudian  kecilkan sesuai keinginan Anda melalui unjung-ujungya..
14. Bila ingin menambahkan logo, tinggal mengulangi langkah-langkahnya dan jangan lupa  kecilkan logo sesuai keinginan Anda ..
15.  Setelah itu simpan dengan format gambar PSD dengan cara klik File – Save As dan atur seperti gambar di bawah ini…
16. Setelah itu kembali ke Adobe Premiere CS  4, klik File-import pilih logo TV yang sudah dibuat tadi, kemudian klik Open..
Maka akan tampil Import Layered File, lalu klik OK
17. Setelah kita klik OK,  maka logo akan masuk kedalam Jendela Project, kemudian  drag logo ke kolom video 2 pada Timeline.
18. Setelah itu , dekatkan Kursor diakhir logo tersebut, sampai muncul tanda seperti gambar dibawah ini… Kemudian panjang logo TV tersebut kita sesuaikan dengan panjang atau lamanyaVideo 1 pada Timeline.
Maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini…
19. Sebenarnya sampai sini pun sudah selesai, akan tetapi supaya logonya munculnya tidak tiba-tiba atau kasar, maka agar logo dapat muncul pada video secara halus kita dapat menghaluskannya dengan cara klik Effects – video Transitions – Dissolve – Cross Dissolve laludrag dan  letakkan diatas logo tv di bagian awal ..
20. Biar menarik kita tambahkan Bars and Tone di akhir video sebagai penutup dengan cara KlikFile-New-Bars and tone..
21. Maka akan muncul kotak dialog New Bars and tone..Klik OK..
22. Maka akan muncul  pada Jendela Project , Lalu drag dan letakkan di akhir film pada Video 2.
23. Agar transisi/perpindahan dari video ke Bars and Tones halus, kita dapat menambahkan effect transisi Cross Dissolve dengan cara pilih Video Transitions pada Menu Effect, Lalu pilihCross Dissolve seperti gambar dibawah ini…
24. Selanjutnya kita dapat mengekspor movie dengan cara Klik File-Export-media
25. Maka akan muncul tampilan dibawah ini dan atur seperti gambar dibawah ini… Lalu klik OK.
26. Tunggu beberapa detik sampai muncul gambar seperti dibawah ini, Lalu klik Start Queue
Selesai

9 comments:

Unknown said...

Link downloa Photoshop punya gak ?

Unknown said...

kok gk bisa, pass aku export kok malah file yg di export tadi gk ada

Unknown said...

mantap om jadi bisa nambahin logo tv bwat boongin orang hahahah

Anonymous said...

Savenya gmn

Unknown said...

mantab makasih ya :) jangan lupa visit : http://aceh-blogger1.blogspot.com/

Unknown said...

sip , thanks

Uzi said...

Terimakasih banyak Pak. Jadi lebih simple bikin logo video, jadi gak usah ngatur posisi font X dan Y lagi ahahaha.
Pak di kota Banjar ya? Saya punya nenek di sana. Mungkin lain kali kalo saya lagi berlibur bisa ketemu dong, biar belajar langsung ahahaha :D

dwi suko prasetyo said...

sepp lah bsa cba ni

Unknown said...

mantap mdhan bisa belajar juga

Post a Comment