Selamat Datang

Semoga blog ini menjadi wadah sharing & kreatifitas siswa/siswi SMK Negeri 1 Banjar dan untuk yang ingin blognya ditampilkan, kirimkan Nama, Kelas dan Alamat Blog ke Email : indra.smkn1banjar@gmail.com/ 6562752654200023

SMK Nesaba

Monday 7 April 2014

Persiapan Menghadapi UN 2014

Ujian Nasional tahun 2014 akan berlangsung mulai 14 April 2014. Setelah pesta demokrasi, Pemilu 2014 selesai diadakan. Lebih kurang sebulan lagi siswa SMTP/Sederajat, SMA/Sederajat akan berjibaku mempertaruhkan nasibnya untuk berjuang lulus dan memperoleh nilai yang memuaskan.
Sudah sejauh mana persiapan siswa? Persiapan menghadapi pesta nasional pendidikan itu tidak hanya persiapan fisik/materi. Tak kalah pentingnya adalah persiapan psikis.
Berikut ini akan diungkapkan Tip menghadapi Ujian Nasional ...
1.Persiapan fisik/materi.
Pastika siswa sudah mengetahui seluk beluk pelaksanaan dan peraturan ujian sehingga memudahkan siswa melakukan orientasi terhadap kegiatan UN.


2.Miliki kisi-kisi soal UN 
Milikilah kisi-kisi UN sesuai dengan jenjang pendidikan dan mata pelajaran yang di-UN-kan. Kisi-kisi ini menjadi panduan khusus bagi siswa untuk memusatkan pembahasan materi pelajaran yang akan di-UN-kan.
3.Ikuti belajar tambahan (Pengayaan)
Jika disekolah mengadakan pengayaan, atau jika memungkinkan siswa bisa mengikuti lest privat atau bimbingan belajar yang ada di tempat siswa, sesuai kebutuhan dalam apengertian, mata pelajaran yang kurang dikuasai.
4. Lengkapi semua catatan pelajaran yang di-UN-kan,
 Pastikan semua catatan dan buku paket dan buku penunjang serta buku latihan soal dihapalkan dan dipahami.

Sedangkan persiapan secara psikis adalah:
1.Berdoa.
Doa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing adalah modal utama persipan psikis. Doa supaya tetap sehat wal’afiat , tidak ada gangguan dalam melaksanakan UN dan dibukakan fikiran untuk menjawab soal-soal UN.

2.Restu orang tua.
Kesuksesan seorang anak tidak lepas dari restu dan doa kedua orang tua. Jika siswa merasa bersalah dan berdosa kepada orang tua selama ini, silahkan minta maaf dan doa kedua orang tua. Restu dan doa orang tua lebih cenderung terkabulkan jika itu benar-benar dilakukan dengan tulus dan ikhlas. Mudah-mudahan.

3.Pelihara kesehatan mental.
Kesehatan mental sangat dipengaruhi oleh kesehatan jasmani. Oleh sebab itu memelihara kesehatan sangat penting dilakukan oleh siswa. Jika kesehatan terganggu akan berakibat terganggunya konsentrasi menghadapi UN. Ujian dapat dihadapi dengan baik jika kondisi fisik bugar dan fikiran tetap fresh dan tidak stress menghadapi UN.
4.Optimis.
Ini hal penting dimiliki oleh siswa yang akan bertarung menghadapi UN. Siswa harus merasa optimis akan dapat menjalani UN dengan baik sehingga berhasil dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

5.Strategi hitungan.
Aneh bukan? Namun tidak mengada-ada. Strategi hitungan ini memang harus dimiliki oleh siswa sejak awa. Tidak ada soal UN yang sulit untuk diselesaikan. Jika seandainya memang sulit, siswa harus melakukan strategi perhitungan.
Sebagai contoh, jika jumlah butir soal 40 buah. Agar memenuhi kriteria minimal kelulusan ( 5,5). Minimal harus menjawab dengan benar sebanyak 22 butir dari 40 butir soal. Ini perlu dihitung-hitung oleh siswa. Begitu pula jika jumlah soal 50, maka minimal siswa harus menjawab dengan benar sebanyak 28 soal. Jadi, siswa harus tahu betul berapa jumlah soal setiap mata pelajaran yang di-UN-kan.
Demikianlah tips jitu menghadapi UN dan mudah-mudahan bermanfaat serta membantu siswa dalam mempersiapkan UN.
Ingat! Keberhasilan siswa dalam UN tidak hanya ditentukan oleh faktor teknis tetapi juga faktor non-teknis. Good Luck!

Sumber : http://edukasi.kompasiana.com

No comments:

Post a Comment