
Tutorial Membuat Company Profile
Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat company profile dengan adobe Flash cs5.
Pengaturan File Flash

Posisi objek rectangle pada Stage

Mengubah ke Symbol Movie Clip

Memberikan instance name pada symbol
stop();
Tutup panel Action tersebut, klik di frame 2 lalu klik kanan pilih Insert Keyframe, ubah warna objek menjadi hijau.

Objek pada frame 2
Setelah keempat frame terisi oleh objek persegi dengan warna yang berbeda, kembali ke Scene 1 dengan cara pilih menu Edit > Edit Document untuk kembali ke scene utamanya.
Selanjutnyanya adalah membuat empat buah tombol untuk dapat menavigasikan keempat objek tersebut yang berada pada simbol movie clip info.
Buat objek persegi kecil dengan Rectangle Tool (R) dan beri warna hitam, buat objek pada Stage dan posisikan seperti gambar berikut.

Objek rectangle pada Stage

Mengubah ke simbol button

Teks pada tombol home

Posisi tombol pada stage

instance name home
tombol PROFIL instance name = profil
tombol GALERI instance name = galeri
tombol KONTAK instance name = kontak
Semua instance name telah diberikan, kemudian tambahkan Layer baru dengan cara pilih menu Insert > Timeline > Layer, ubah nama layer menjadi Action. Klik di frame 1, buka panel Action tekan F9 pada keyboard dan tuliskan script berikut:
import flash.events.MouseEvent;Tekan Ctrl + Enter untuk melihat hasilnya, dan simpanlah hasil pekerjaan Anda. Selamat berkreasi dan Anda juga dapat memodifikasinya dengan menambahkan teks informasi atau gambar pada setiap halaman tersebut.
stop();
home.addEventListener(MouseEvent.CLICK, tombolHome);
function tombolHome(event:MouseEvent):void{
info.gotoAndStop(1);
}
profil.addEventListener(MouseEvent.CLICK, tombolProfil);
function tombolProfil(event:MouseEvent):void{
info.gotoAndStop(2);
}
galeri.addEventListener(MouseEvent.CLICK, tombolGaleri);
function tombolGaleri(event:MouseEvent):void{
info.gotoAndStop(3);
}
kontak.addEventListener(MouseEvent.CLICK, tombolKontak);
function tombolKontak(event:MouseEvent):void{
info.gotoAndStop(4);
}
Sumber : http://www.gapranimator.com
No comments:
Post a Comment