Selamat Datang

Semoga blog ini menjadi wadah sharing & kreatifitas siswa/siswi SMK Negeri 1 Banjar dan untuk yang ingin blognya ditampilkan, kirimkan Nama, Kelas dan Alamat Blog ke Email : indra.smkn1banjar@gmail.com/ 6562752654200023

SMK Nesaba

Monday, 5 November 2012

Latihan Soal 3 Dimensi



Latihan Soal Animasi 3 Dimensi
1.
Setelah 3D terinstall kita dapat menjalankan lewat desktop icon 3D dengan cara …..

a.       Menekan mose dua kali dengan selang sesaat pada icon 3D
b.      Menekan mose sekali pada icon 3d
c.       Klik kanan mose sekali pada desktop
d.      Klik kanan mose dua kali pada desktop
e.       Klik sembarang tempat
2.
3D  adalah aplikasi dokumen tunggal, yang berarti hanya dapat bekerja dengan satu ….

a.       Tool
b.      Scan
c.       Scanner
d.      Scene
e.       Icon
3.
Toolbar yang berisi icon – icon mengakses perintah 3D merupakan pengertian dari ….

a.       Viewport
b.      Main toolbar
c.       Status bar
d.      Comman Panel
e.       Viewport Navigator Control
4.
Tombol – tombol yang digunakan untuk memilih, transformasi dan merender geometri dalam suatu scene adalah ….

a.       Toolbar
b.      Scan
c.       Scanner
d.      Scene

e.       Icon
5.
Viewport dapat menampilkan hingga …. Bagian

a.       1
b.      2
c.       3
d.      4
e.       5
6.
Menangani semua pembuatan obyek adalah ….

a.       Create
b.      Modify
c.       Hierarchy
d.      Display
e.       Utilites
7.
Gambar diatas dinamakan ….

a.       Command Panels
b.      Command Button
c.       Command selection
d.      Tool  Selection
e.      Command
8.
Untuk menangani control panel digunakan ….

a.       Create
b.      Modify
c.       Hierarchy
d.      Display
e.       Utilites
9.
Spesifikasi didalam mengaktifkan atau menjalankan 3D adalah

a.       Prosesor Intel Pentium III atau Amd 300 Mhz
b.      RAM 256 Mb
c.       VGA 32 Mb
d.      Jawaban a, b dan c yang benar
e.       Ruang kosong harddisk 486 MB
10.
Menu file didalam 3D berisi ….

a.       perintah yang relative umum dijumpai pada software grafis
b.      perintah uantuk membangun, membuka, melepasgroup
c.       kumpulan perintah untuk mengatur tampilan viewport
d.      perintah standart dan beberapa fasilitas untuk mengedit
e.       perintah untuk preparasi animasi character
11.
Menu Group didalam 3D berisi

a.      perintah untuk membangun, membuka, melepasgroup
b.      membuat berbagai objek baik geometri maupun non
c.       kumpulan fasilitas untuk memodifikasi objek geometri
d.      kumpulan fasilitas untuk memodifikasi objek geometri
e.       perintah untuk menggunakan fasilitas reactor
12.
Menu Views didalam  3D berisi ……

a.       perintah untuk membangun, membuka, melepasgroup
b.      membuat berbagai objek baik geometri maupun non
c.       kumpulan fasilitas untuk memodifikasi objek geometri
d.      beirisi kumlulan perintah untuk mengatur tampilan viewport
e.      perintah untuk menggunakan fasilitas reactor








13.
 Gambar disamping digunakan untuk …..

a.       Membatalkan perintah
b.      Memudahkan pengeditan
c.       Mengendalikan naskah
d.      Menyeleksi obyek
e.      Memformat obyek
14.
 Gambar disamping digunakan untuk ….

a.       Select and rotate
b.      Select and move
c.       Select and scale
d.      Select by name
e.      Select and link.
15.
 Gambar disamping digunakan untuk ….

a.       Select and rotate
b.      Select and move
c.       Select and scale
d.      Select by name
e.      Selectand link.
16.
1.       Create
2.       Geometry
3.       Standar d Primitives
4.       Box

Urutan langkah membuat Box yang benar adalah …..

a.       2 , 1, 3, 4
b.      1, 2, 3, 4
c.       3, 4, 2, 1
d.      4, 3, 2, 1
e.      3, 2, 1, 4
17.
1.  Geometry
2.  Create
3.  Extended primitives
4. Torus knot

Urutan langkah membuat Torus Knot yang benar adalah ….
a.       1, 2, 3, 4
b.      2, 1, 3, 4
c.       1, 3, 4, 2
d.      3, 4, 2, 1
e.      2, 4, 1, 3





18.
1.  Modify
2.  Select and Move
3.  Parameter
 4. Ubah ketinggian, lebarnya, panjangnya sesuai yang dikehendaki
Apabila kita ingin merubah ukuran Bok langkah yang dilakukan ….
a.       2, 3, 1, 4
b.      2, 1,3, 4
c.       4, 3, 2, 1
d.      4, 2, 3, 1
e.      3, 2, 1, 4
19.
Untuk menduplikasi Box langkah yang dilakukan
a.       Select and move
b.      Tekan shift dan mose klik kiri 1 kali
c.       Pada Clone Option Pilih Copy ok, select and move geser kekanan
d.      Pada Clone Option Pilih Copy Cancel
e.      Jawaban a, b dan c yang benar
20.
Untuk melubangi Box langkah yang dilakukan sebagai berikut ….
a.       Buat Box pertama
b.      Buat Box ke dua dengan ukuran lebih kecil dari Box pertama
c.       Create, Geometry  Compound Objects, Boolean
d.      Operation subtraction (B – A), Pick Operand kemudian arahkan ke object  klik kiri pada mose
e.      Jawaban a, b, c, d yang benar
21.
Untuk memberi  material pada suatu obyek langkah yang dilakukan ….
a.       Klik Obyek yang akan diberi material
b.      Klik rendering  pada menu
c.       Klik material editor
d.      Jawaban a, b dan c benar
e.      Tidak ada jawaban
22.
Untuk merubah layout viewport langkah yang dilakukan ….

a.       Klik cuztomize pada Menu Bar
b.      Klik Viewport Configuration
c.       Klik  Layout
d.      Jawaban a, b dan c
e.      Jawaban a dan c benar
23.
Perintah apa yang digunakan untuk menggandakan Obyek

a.       Clone
b.      Shift
c.       Instance
d.      Reference
e.      Select dan Move
24.
Screen system ini menggunakan layar Vieport aktif sebagai sitem koordinat X, Y dan Z. Koordinat X bergerak positif  ke kanan Koordinat Y bergerak ke atas sedangkan Z bergerak ke …..

a.       Kearah mata
b.      Kearah muka
c.       Kearah bawah
d.      Kearah belakang
e.      Kearah kanan dan kiri
25.
Perintah yang digunakan untuk melakukan pengurangan terhadap 2 buah obyek yang dilakukan dengan cara mengurangi obyek kedua dengan obyek pertama adalah perintah ….

a.       Intersection
b.      Substraction
c.       Loft
d.      Boolean
e.      Union
26.
Pada saat membuat material kayu pada tab modify klik menu pop up modifier list lalu …. Mapping

a.       Pilih UVB
b.      Pilih UVA
c.       Pilih UVM
d.      Pilih UVW
e.      Pilih UVK






27.
Kelebihan dari aplikasi 3D max dibanding dengan yang lain adalah ….

a.       Aplikasi ini lebih sulit digunakan
b.      Aplikasi ini lebih mudah digunakan
c.       Aplikasi ini lebih modern dari pada yang lainnya
d.      Aplikasi ini lebih mahal disbanding dengan lainnya
e.      Aplikasi ini tidak mudah dipahami


28.
Printah Donut merupakan perintah untuk ….

a.       Membuat obyek berbentuk cintin
b.      Membuat obyek berbentuk lingkaran
c.       Membuat obyek berbentuk kotak
d.      Membuat obyek berbentuk pyramid
e.      Membuat obyek berbentuk segitiga
29.
Perintah Cone adalah perintah yang digunakan untuk membuat ….

a.       Obyek standar primitive yang berbentuk kerucut
b.      Obyek standar primitive yang berbentuk segitiga
c.       Obyek standar primitive yang berbentuk box
d.      Obyek standar primitive yang berbentuk silinder
e.      Obyek standar primitive yang berbentuk pyramid
30.
Peinrtah Tube merupakan perintah yang digunakan untuk membuat obyek standar primitive yang berbentuk …

a.       Kerucut
b.      Pyramid
c.       Pipa
d.      Tabung
e.      Palne
31.
Bolean merupakan suatu perintah untuk melubangi sebagian obyek lain yang merupkan merintah dari ….

a.       Standar primitive
b.      Compoun Obyek
c.       Extended Primitif
d.      Doors
e.      Windows
32.
Menggabungkan 2 obyek adalah salah satu perintah dari ….

a.       Bolean
b.      Loft
c.       Box
d.      Rectangle
e.      Cilinder
33.
Untuk membuka material editor kita dapat menekan …. Pada keyboard

a.       Y
b.      M
c.       Ctrl N
d.      Ctrl V
e.      Z
34.
Perintah yang digunakan untuk berpindah dari modus frame menjadi modus key ?

  1. Key mode
  2. Slide position
  3. Time configuration
  4. Re scale time
  5. Zoom
35.
Jenis pencahayaan lampu pijar yang mengarahkan ke semua arah dan hanya mempunyai sumber cahaya saja adalah pengertian dari ….

  1. Spot light
  2. Direct light
  3. Efek roy
  4. Efek star
  5. Omni light




Materi Copy dan Array
36.
3D max menyediakan sejumlah teknik yang berbeda untuk menyalin atau menggandakan obyek ada berapa teknik didalam menggandakan 

  1. 2
  2. 3
  3. 4
  4. 5
  5. 6
37.
Membuat clone yang terpisah dari obyek asli. Memodifikasi obyek yang satu tidak mempengaruhi obyek yang lain

  1. Copy method
  2. Instance method
  3. Reference method
  4. Shift Clone
  5. Snapshot


38.
Membuat Clone yang lengkap dari obyek asli. Modifikasi obyek hasil memodifikasi obyek asli

  1. Copy method
  2. Instance method
  3. Reference method
  4. Shift Clone
  5. Snapshot
39.
Membuat clone yang tergantung pada obyek yang asli. Memodifikasi obyke asli, mempengaruhi obyek hasil, semnetrara memodifikasi obyek hasil tidak mempengaruhi obyek asli.

  1. Copy method
  2. Instance method
  3. Reference method
  4. Shift Clone
  5. Snapshot
40.
Membuat clone di sepanjang path animasi, tiap frame atau pada sejumlah frame dengan waktu yang sama menggunakan

  1. Snapshot
  2. Shift- Clone
  3. Obyek Array
  4. Copy method
  5. Instance methode
41.
Tool untuk cloning dan secara teliti mentransformasi dan menenpatkan sekelompok obyek dalam satu ruang dimensi atau lebih

  1. Snapshot
  2. Array
  3. Instance method
  4. Shift clone
  5. Obyek

Membuat Spline Shape

Pengeditan Obyek
42.
Membuat line baru guna menyambung line yang sudah ada sebelumnya menggunakan ….

  1. Create
  2. Line
  3. Insert
  4. Create Line, Insert
  5. Cone
43.
Memotong sebuh spline (terbuka) pada vertek, sehingga menjadi dua bagian yang terpisah menggunakan ….

  1. Loft
  2. Break
  3. Bolean
  4. Obyek
  5. Copy
44.



45.
Untuk menambah vertek pada vertek yang aktif corner (segi empat), yang menghasilkan bentuk Oval/lengkung pada kurve segi empat menggunkan ….

  1. Loft
  2. Chamfer
  3. Fillet
  4. Cycle
  5. Bolean

Elemen Segmen
46.
Garis yang terbentuk antra dua vertek yang terhubung satu sama lainnya disebut

  1. Segment
  2. Divide
  3. Detec
  4. Outline
  5. Fillet

Mengatur Snap Standard
47.
Snap standard digunakan untuk ….

  1. Mengendalikan pembuatan
  2. Mengendalikan pemindahan
  3. Mengendalikan pemutaran
  4. Pengskalaan Obyek
  5. Jawaban  a, b, c dan d benar
48.
Snap ke perpotongan grid dinamakan tipe snap ….

  1. Grid Point
  2. Grid Lines
  3. Pivot
  4. Bounding Box
  5. Tangent
49.
Snap ke titik siku pada spline, relative terhadap titik sebelumnya dinamakan tipe snap ….

  1. Grid Point
  2. Grid Lines
  3. Pivot
  4. Perpendicular
  5. Tangent

OBJECK LOFT
50.
Istilah Loft berasal dari pembuatan ….

  1. Kapal Udara
  2. Kapal Laut
  3. Mesin
  4. Turbo Pascall
  5. Turbin
51.
Obyek Loft menyediakan tool modeling yang flexible antara lain ….

  1. Obyek dengan potongan silang kompleks
  2. Obyek dengan potongan silang beranimasi
  3. Target morph
  4. Jawaban a, b dan c benar
  5. Hanya Target morph saja
52.
Option yang dapat digunakan untuk menganimasikan obyek loft antara lain ….

  1. Loft path
  2. Loft shapes
  3. Jawaban a, b dan d yang benar
  4. Loft deformation curves
  5. Hanya Loft path saja
53.
Langkah untuk menggunakan Obyek Loft

  1. Buat shape yang menjadi Loft Path
  2. Buat satu shape atau lebih yang menjadi potongan silang
  3. Pilih Shape path dan gunkan Get Shape
  4. Pilih Shape cross section dan gunakan Get Path
  5. Semua jawaban benar
54.
Fungsi dari Loft Obyek adalah ….

  1. Morph Target
  2. Morph Silang
  3. Morph Potongan
  4. Morph General
  5. Morph Satuan



55.
Proses dimana vertex suatu obyek dianimasikan untuk mendekati posisi vertex pada obyek lain disebut ….

  1. Shape
  2. Morphing
  3. Morph target
  4. Morph Ovalet
  5. Guideling

Memperluas permukaan Loft
56.
Agar permukaan sepanjang path terlihat halus pilihan option yang digunakan adalah

  1. Smooth Length
  2. Smooth Width
  3. Smooth Left
  4. Smooth Learning
  5. Smooth Modeling
57.
Agar permukaan disekitar perimeter shape cross section terlihat halus pilihan option yang digunakan adalah

  1. Smooth Length
  2. Smooth Width
  3. Smooth Left
  4. Smooth Learning
  5. Smooth Modeling
58.
Tipe Deformasi Scale Nilai Deformasinya adalah ….

  1. Percentage
  2. Rotation Angle
  3. Rotation Singgle
  4. Current Units
  5. Current Tunggal
59.
Tipe Deformasi Bevel Nilai Deformatinya adalah ….

  1. Percentage
  2. Rotation Angle
  3. Rotation Singgle
  4. Current Units
  5. Current Tunggal
60.
Untuk membuat semacam emboss pada permukaan obyek perintah yang digunakan ….

  1. Displace
  2. Free From Dispalce
  3. Lattice
  4. From Latter
  5. Graduater

Sumber : http://ardansirodjuddin.wordpress.com

4 comments:

Theo Pires said...

jawabannnya mana coeg

Adhan said...

Entah gue apa dia (Pembuat blog) yang bingung

H.130.WO said...

jawabannya yang cetak tebal...coba perhatikan...

Unknown said...

Kalo di copy paste ke ms word baru ketahuan mana yang tercetak tebal. Terimakasih pak bos, sangat membantu

Post a Comment