Selamat Datang

Semoga blog ini menjadi wadah sharing & kreatifitas siswa/siswi SMK Negeri 1 Banjar dan untuk yang ingin blognya ditampilkan, kirimkan Nama, Kelas dan Alamat Blog ke Email : indra.smkn1banjar@gmail.com/ 6562752654200023

SMK Nesaba

Saturday 20 December 2014

Kembangkan Kebiasaan Sukses


Inilah prinsip-prinsip kesuksesan yang tak lekang oleh zaman

1. Bersikap Positif
Anda harus memiliki sikap mental yang positif dan optimis, sebab pikiran anda memainkan peranan yang menentukan dan menciptakan realitas anda. Jika anda berpikir positif, anda cenderung menciptakan situasi-situasi positif dan menarik orang-orang sukses dan positif ke dalam hidup anda.

Usahakanlah selalu melihat sisi-sisi baik dalam segala hal. Jika ada yang tidak beres, pikirkan bagaimana anda bisa mengubahnya, lihatlah bagaimana anda bisa belajar dari hal itu atau keuntungan apa yang bisa diperoleh dari hal itu. Jika yang anda harapkan ternyata tidak terwujud, cari tahu sebabnya dan gunakan hal tesebut sebagai kesempatan untuk memperbaiki menjadi lebih baik.


2. Tentukan Tujuan
Ini mirip mengemudikan mobil. Jika tangki bensin anda penuh, tetapi anda tidak mempunyai peta, bisa jadi anda hanya berputar-putar dan tidak sampai ke manapun juga. Memang tidak menjadi persoalan jika anda bermaksud menikmati pemandangan, tetapi jika anda memiliki tempat tujuan yang hendak anda capai dengan cepat, anda perlu memetakan rute sependek mungkin.

Mulailah dari tujuan yang besar, tujuan keseluruhan hidup anda, falsafah hidup yang mendasari siapa jati diri anda dan anda ingin menjadi apa kelak. Kemudian tentukan tujuan-tujuan yang lebih kecil untuk bisa mencapai tujuan besar tadi.

Misalnya, anda menyusun rencana kerja lima tahun, satu tahun, bulanan dan kemudian yang lebih terperinci untuk hidup anda mulai dari mingguan dan dari hari ke hari. Karena itu sangat penting anda memiliki agenda harian untuk mengatur kegiatan sehari-hari anda sehingga menjadi lebih mudah dan terarah dalam mencapai tujuan yang diinginkan.

3. Tekun

Pertahankan apapun yang sedang anda kerjakan. Penting sekali menyadari bahwa anda tengah membangun suatu fondasi dan fondasi ini tidak akan terwujud dalam waktu semalam. Membangun kesuksesan memang perlu waktu karena tidak ada yang instan dalam kehidupan ini.

Memerlukan waktu rata-rata setahun untuk memantapkan diri dalam bidang pemasaran dan penjualan.

Perjalanannya mungkin tidak akan selalu mulus, dan bulan-bulan pertama dari suatu aktivitas baru adalah yang paling tidak mudah. Tegaskan kembali tujuan-tujuan anda secara kontinyu, terimalah halangan dan rintangan sebagai tantangan untuk menerobos menuju keberhasilan serta bersikaplah tegar dengan apa yang sedang dikerjakan.

Beberapa orang berpindah dari satu profesi ke profesi lainnya hanya dalam hitungan bulan karena mereka tidak memiliki komitmen. Orang-orang yang mampu mencapai puncak kesuksesan hanya memilih satu atau dua profesi (kegiatan) lalu mempertahankan dan membangunnya secara perlahan tapi pasti.

4. Kerja cerdas, disiplin dan tuntas

Anda sebaiknya mendisiplinkan diri sendiri dengan bekerja cerdas dan mengabdikan diri pada usaha merampungkan tugas-tugas secara cerdas, efektif dan efisien. Jadwalkan kegiatan-kegiatan anda sesuai dengan prioritas dan pertahankan apa yang berjalan dengan baik serta lakukan perubahan untuk hal-hal yang tidak berjalan dengan sebagaimana mestinya.

Sikap biar orang lain saja yang akan membantu mengerjakan tugasku tidak akan pernah berhasil 100%.

Jika anda ingin sukses, anda harus bersedia bekerja dan melakukan apa yang seharusnya anda kerjakan dengan cerdas, penuh disiplin dan tuntaskan hingga mencapai hasilnya.

5. Utamakan Peningkatan Diri

Tingkatkan diri anda sendiri sambil berjalan sehingga anda bisa belajar dan berkembang secara konstan. Fokuskan pada kualitas-kualitas pribadi yang ingin anda capai. Kemudian dengan menandaskan tujuan-tujuan ini dalam pikiran anda, gunakan pengalaman-pengalaman sebagai dasar untuk belajar, bertindak dan bertumbuh kemudian mencapai hasil.

Cara yang paling efektif untuk mengembangkan dan memperkuat orientasi ini adalah dengan mengambil waktu misalnya jam sehari untuk membaca buku-buku atau mendengarkan kaset tentang peningkatan diri, cara mengembangkan sikap menjadi pemenang atau cara menjadi lebih kreatif dan persuasif.

Hal ini sangat bermanfaat dalam membantu anda untuk membangun bidang-bidang terlemah anda baik secara pribadi maupun dalam berorganisasi.

Dan dari waktu ke waktu, evaluasilah apa yang dilakukan oleh kelompok anda maupun anda sendiri dan catatlah setiap kesenjangan yang ada. Kemudian lakukan usaha-usaha peningkatan dengan menggunakan tehnik-tehnik penetapan tujuan, kesadaran dan praktek dan amati bagaimana anda mulai mengalami kemajuan.

6. Antusiasme

Lakukan sesuatu untuk senantiasa mempertahankan antusiasme anda. Gunakan salah satu tehnik dibawah ini untuk menggerakkan diri anda sendiri dan juga dapat memotivasi orang lain :

- Pikirkan hal-hal yang anda ingin lakukan dan yang membuat anda merasa nyaman, kemudian lakukan satu atau dua di antara hal-hal tadi.

- Bayangkan bahwa anda adalah orang yang penuh semangat

- Kerjakan sesuatu yang bersifat fisik untuk mencetuskan gairah; kepalkan tinju anda, acungkan tangan ke langit dan katakan Saya Bisa!

Gunakanlah tehnik ini setiap kali anda mengalami penolakkan yang dapat menyurutkanm antusiasme anda. Aggaplah setiap penolakan sebagai suatu kesempatan menyampaikan pesan dan mempelajari apa yang dipikirkan orang, apapun yang mereka katakan.

Antusiasme akan membantu anda meraih kesuksesan yang anda dambakan.

7. Pertahankan fokus

Anda harus memusatkan daya dan perhatian anda usaha-usaha untuk mencapai tujuan-tujuan spesifik anda. Anda akan membuang-buang waktu jika pendekatan anda tercerai-berai.

Fokuskan energi anda, konsentrasikan pikiran anda pada tujuan yang ingin dicapai dan kerahkanlah segala daya upaya anda untuk mewujudkannya. Sisihkan waktu secara tersendiri sehingga anda bisa menetapkan fokus dan memanfaatkan setiap kesempatan yang datang kepada anda.

8. Anggarkan waktu anda

Mengingat waktu adalah uang, orang-orang sukses selalu menganggarkan keduanya. Tetapkan prioritas-prioritas dan bagi-bagilah waktu sesuai dengan jadwal yang sudah anda atur. Jika ada tekanan, atau gangguan yang akan mencuri waktu yang anda anggarkan untuk pekerjaan anda, belajarlah untuk menolaknya.

Selain mendaftar prioritas anda, tetapkan panduan-panduan umum untuk apa yang anda ingin lakukan dan kapan. Dalam agenda harian, tetapkan rencana kegiatan anda setiap pagi, siang, sore dan sisihkan waktu secara realistis untuk memenuhi masing-masing tugas.

Bersikaplah fleksibel namun tetap mempertahankan rencana anda.

9. Ambillah inisiatif

Ada 3 jenis manusia; mereka yang bisa membuat sesuatu terwujud, mereka yang hanya menunggu sesuatu terjadi dengan sendirinya, dan mereka yang tidak tahu apa yang sedang terjadi.

Untuk mencapai kesuksesan, jadilah orang yang bisa mewujudkan sesuatu terwujud.

Ambil setiap kesempatan untuk melibatkan diri dalam tahap-tahap pengembangan dalam organisasi anda sehingga mendapatkan kesempatan untuk berada di antara orang-orang sukses.

Jangan kuatir untuk berbuat salah. Itu manusiawi, anda pasti akan membuat kesalahan, tetapi anda juga akan belajar dari kesalahan itu di tengah jalan dalam perjalanan menuju sukses. Orang-orang sukses adalah mereka yang mengambil inisiatif dan bertindak cepat.

10. Tegaskan diri sendiri

Tegaskan diri sendiri dengan jalan mengakui nilai pribadi anda. Artinya beri pengakuan pada diri sendiri dan pujilah diri anda jika berhasil menyelesaikan sesuatu untuk memotivasi anda sendiri. Ciptakan struktur pemberian penghargaan untuk anda sendiri, ajaklah pasangan untuk berekreasi, pergilah bersama teman-teman atau pujilah diri anda dengan mengatakan; Hasil yang bagus. Aku bangga padamu.

Anda juga harus bisa menegaskan tujuan-tujuan anda dengan membayangkan bahwa anda telah berhasil mencapai tujuan-tujuan anda atau anda telah berhasil menjadi seperti yang anda inginkan.

Ini mengingatkan anda pada tujuan-tujuan anda dan bisa memotivasi anda mencapai tujuan-tujuan itu. Membayangkan bahwa anda telah berhasil mencapai tujuan juga memperkuat pikiran bawah sadar tentang kesuksesan. Pikiran bahwa sadar mempunyai kekuatan yang luarbiasa untuk mengaktualisasikan apa yang terukir dalam pikiran anda.

Anda bisa membuat penegasan-penegasan anda dalam hal apapun dari yang paling umum ke yang paling spesifik.

Misalnya katakan pada diri sendiri; aku menarik kesuksesan, kemakmuran dan semua hal-hal yang baik pada diriku. Aku menghayati hidup yang penuh sesuai dengan yang kuinginkan. Dan lihatlah bagaimana hal-hal yang anda inginkan mulai terwujud.

11. Percaya Diri

Kepercayaan pada diri sendiri bisa memberi anda kekuatan yang anda perlukan untuk tetap termotivasi ketika anda menghadapi kemunduran dan rintangan. Dalam kisah sukses selalu dijumpai banyak keadaan yang tidak mudah, kegagalan dan penolakan. Menurut catatan survey, bahwa rata-rata mereka yang sukses mengalami 7 kali gagal sebelum jalan menuju kesuksesan terbuka.

Perbedaan antar mereka yang gagal dan mereka yang sukses adalah bahwa yang sukses selalu memiliki keyakinan sehingga terus bergerak maju meskipun rintangan dan halangan menghadang untuk sampai pada tujuan kesuksesan.

12. Bekerja dengan orang-orang yang mendukung

Salah satu jalan menuju sukses adalah membawa diri anda ke tengah-tengah orang-orang yang berpikiran positif dan mendukung. Orang-orang negatif yang suka mengkritik akan melumpuhkan anda, jadi daripada berusaha memerangi sikap-sikap negatif mereka, lebih konsentrasikan usaha anda untuk selalu berada di antara orang-orang positif sebab energi mereka akan membantu mengilhami dan memotivasi anda serta memberikan sumbangan pada sukses anda. Tariklah orang-orang ini untuk dimintai bantuan dan ide-idenya, menciptakan rencana-rencana kerja baru dan mewujudkannya.

Bergabunglah dengan kelompok yang memiliki minat yang sama dan berpartisipasilah dalam kegiatan-kegiatan bersama orang-orang sukses. Gunakan mereka sebagai model, tanyalah pada mereka bagaimana mereka bisa sukses, belajarlah dan amati mereka. Kebanyakan di antara mereka bersemangat tinggi, berpikiran positif, aktif, jujur dan tegar dalam mengejar tujuan. Mintalah saran-saran dari mereka tentang orang-orang yang perlu dihubungi. Orang-orang sukses dapat membantu anda untuk sukses jika anda mengusahakannya.

13. Pahami orang lain dan bina kerjasama.

Kemampuan memahami orang lain dan bekerja sama akan menentukan anda dalam meraih kesuksesan. Karena itu anda perlu memiliki kepribadian yang positif, ramah, antusias, terbuka dan menarik sehingga orang lain ingin bekerja sama dengan anda.

Dengan memahami orang lain, anda bisa menciptakan situasi yang saling menguntungkan; anda memperoleh sukses dan mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan dari anda.

14. Mengejar tujuan

Usahakan senantiasa anda tetap berusaha mengejar tujuan yang telah ditetapkan, dengan mengetahui bahwa anda bisa mencapainya dan telah menciptakan kondisi-kondisi yang memungkinkan tercapainya tujuan tadi. Untuk melakukan hal ini secara efektif, anda harus memecah tujuan besar menjadi tujuan-tujuan kecil yang bisa tercapai.

Misalnya, buku sederhana ini menyajikan teknik-tehnik praktis untuk mencapai tujuan-tujuan pemasaran dan penjualan, tetapi proses yang sama bisa anda terapkan pada hal-hal lain yang anda ingin capai dalam hidup anda.

Sementara anda berusaha mencapai tujuan anda, mungkin anda masih harus mengalahkan suatu kekhawatiran untuk mengambil beberapa langkah yang perlu untuk mencapainya (misalnya melakukan presentasi). Anda akan membangun kepercayaan diri dalam kemampuan anda menangani hal-hal yang dulunya anda pikir mustahil bisa anda lakukan, dan dengan demikian anda semakin mendekati pencapaian keinginan anda.

15. Kembangkan kebiasaan sukses

Terapkanlah prinsip-prinsip sukses ke dalam hidup anda sehingga hal-hal tersebut menjadi kebiasaan rutin. Misalnya, buatlah perjanjian atau kontrak pribadi dengan diri sendiri untuk mencapai suatu waktu tertentu. Lalu buatlah rencana dari mana anda menetapkan target-target yang harus dicapai sepanjang jalan. Kuncinya adalah membangun cara yang terstuktur dan terorganisasi dalam usaha menjadikan pencapaian tujuan sebagai bagian dari hidup anda.

Mungkin memerlukan waktu untuk mengembangkan kebiasaan-kebiasaan ini, tetapi ingatlah bahwa membangun suatu rutinitas memberikan cara yang lebih mudah untuk menjalani hidup anda, pola-pola dan kebiasaan memungkinkan anda mencapai berbagai hal secara otomatis dan bukan dengan terpaksa membuat rencana untuk segala hal. Ini sama dengan kiat mencapai sukses. Bekerjalah untuk merubah pola-pola yang menghalangi pencapaian sukses anda; misalnya mudah patah semangat atau sikap gampang menyerah.

Aliran pikiran anda akan selalu mengalir di alur yang sama kecuali jika anda melakukan sesuatu untuk mengubah alur tersebut.

Mulailah dengan secara sadar berpikir dan bertindak dengan cara yang diidamkan. Kemudian, sedikit demi sedikit secara bertahap sementara anda membina kebiasaan-kebiasaan baru, anda akan mendapatkan bahwa hal-hal itu bisa menjadi otomatis dan anda pun akan berubah.

Kembangkan kebiasaan-kebiasaan sukses sekarang juga sementara anda bekerja mewujudkan tujuan anda, dan anda akan mendapatkan bahwa sukses yang anda inginkan akan terwujud.

Pasti bermanfaat untuk anda !

Sumber : http://benn.blogdetik.com/tag/kembangkan-kebiasaan-sukses/

No comments:

Post a Comment